Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi di Pasar Modal Adalah ? Menguntungkan ?

Investasi di Pasar Modal Adalah
Investasi di Pasar Modal Adalah

Investasi di Pasar Modal Adalah ? Cari Tahu Dulu Informasinya Supaya Tidak Salah Langkah

Sebagian masyarakat pasti sudah tidak asing dengan pasar modal. Investasi di pasar modal adalah menjadi salah satu Instrumen. Contoh investasi di pasar modal yang mana merupakan sebuah lingkup yang melibatkan beberapa pihak dalam melakukan transaksi jual beli surat-surat berharga dalam jangka waktu panjang.

Contoh investasi reksadana serta contoh surat-surat berharga tersebut berupa saham, obligasi maupun ekuitas suatu perusahaan. Sedangkan pihak yang menerbitkan surat-surat berharga tersebut adalah pemerintah atau perusahaan swasta.

Reksadana jenis apa yang resikonya paling tinggi dan rendah, hal ini menjadi pertanyaan bagi seorang investor pemula. Karena berharapnya untuk selalu mendapatkan keuntungan dan jangan sampai salah dalam membelinya.

Jaman modern seperti sekarang Contoh investasi kecil kecilan menjadi salah satu alternative bagi generasi sekarang. Sudah barang tentu tersupport oleh aplikasi online yang cukup dilakukan lewat gadget atau smartphone, sehingga bisa membeli investasi baik saham, reksadana maupun transaksi forex secara online.

Apa itu pasar modal? Intinya, pasar modal merupakan instrumen yang berhubungan dengan investasi aset . Bagi Anda yang ingin terjun ke dalamnya pun bisa melakukan investasi lain diluar surat berharga, yaitu membeli emas, menabung di bank maupun asuransi.

Aktivitas yang berhubungan dengan instrumen ini juga terbilang aman, karena sudah diatur dengan undang-undang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang beredar.

Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Pasar Modal

Sebelum terjun langsung dalam pasar modal, Anda harus tahu dulu siapa saja pihak-pihak yang terlibat. Nanti Anda akan menjadi salah satunya. Inilah uraiannya :

Pemilik Modal (Investor)

Pihak pertama adalah sang pemilik modal atau disebut sebagai investor. Dalam setiap kegiatan ekonomi pasti terjadi proses penawaran dan permintaan.

Ada perusahaan yang membutuhkan modal lebih untuk keberlangsungan perusahaannya, sehingga menawarkan aset yang dimiliki dalam bentuk surat berharga kepada pemilik modal.

Sang pemilik modal juga pasti ingin memperoleh keuntungan dengan membeli surat-surat berharga tersebut. Namun tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum benar-benar membelinya.

Emiten

Emiten adalah pihak yang menjual surat-surat berharga kepada investor melalui bursa efek. Penjualan surat-surat berharga ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Misalnya ketika perusahaan ingin melakukan perluasan usaha.

Kegiatan ini pasti membutuhkan modal yang banyak. Selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan modal  sendiri terhadap modal asing. Sedangkan latar belakang yang ketiga adalah ingin mengadakan pengalihan pemegang saham dari yang lama ke yang baru.

Lembaga Penunjang

Dalam pasar modal juga dibutuhkan lembaga penunjang untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Lembaga penunjang ini terbagi lagi menjadi beberapa pelaku, diantaranya :

a.  Perantara (Broker/Pialang)

Terkadang kegiatan jual beli dalam perdagangan tidak bisa dilakukan langsung oleh pihak pembeli dan penjual, oleh karena itulah dibutuhkan seorang perantara. Perantara antara emiten dan investor dalam kegiatan pasar modal disebut dengan Broker/Pialang.

b.  Penjamin Emisi (Underwriter)

Selanjutnya ada penjamin emisi, yaitu lembaga yang menjamin penjualan surat-surat berharga dalam jangka waktu tertentu. Underwriter juga bertanggung jawab dalam memperoleh modal yang diinginkan emiten.

c.  Wali Amanat (Trustee)

Wali amanat ini adalah sebuah jasa yang dibutuhkan oleh pihak investor. Tugas-tugas yang dilakukan oleh wali amanat adalah memberikan penilaian atas harta kekayaan emiten, memantau perkembangan emiten, memberikan masukan kepada investor, sebagai agen pembayaran terhadap emiten, dan sebagainya. 

d.  Guarantor

Bertindak sebagai pihak penengah, alias lembaga yang dipercaya oleh investor sebelum menanamkan dana.

e.  Perusahaan Surat Berharga

Lembaga yang menjadi tempat perdagangan surat berharga. Perusahaan ini harus terekam dalam bursa efek. 

Contoh Investasi Kecil Kecilan di Pasar Modal

Contoh Investasi kecil kecilan dan bagaimana langkah masuk ke dalam pasar modal? Ikuti cara di bawah ini untuk mulai berinvestasi :

Pasar Primer Atau Pasar Perdana

Cara investasi pertama dapat dilakukan melalui pasar primer. Tempat ini berfungsi sebagai media ketika perusahaan beralih dari perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka atau Go Public. Dimana perusahaan tersebut akan pertama kali menjual saham ke masyarakat. Aktivitas ini disebut dengan Initial Public Offering (IPO).

Nah, bila Anda ingin mencobanya, silahkan beli saham tersebut melalui rekanan yang sudah masuk anggota bursa atau berkedudukan sebagai otoritas saham IPO perusahaan bersangkutan. Biasanya di dalam portal-portal website pasar modal juga tertera apa saja syarat yang harus dipenuhi dan berapa lama jangka waktu penjualan saham.

Pasar Sekunder

Pasar Sekunder merupakan media dimana transaksi jual beli saham dilakukan antar investor. Kegiatan ini dilakukan di tempat yang disebut Bursa Efek, atau di Indonesia menjadi Bursa Efek Indonesia.

Nantinya Anda akan bertindak sebagai investor yang membeli saham melalui perantara (broker). Pertama-tama, Anda harus mendaftarkan diri sebagai nasabah suatu perusahaan broker terlebih dahulu. Setelah itu, Anda juga harus membayar fee untuk jasanya.

Investasi di pasar modal adalah Ikut transaksi dalam pasar modal dan dianggap sedikit rumit, karena itulah banyak masyarakat yang belum terbiasa. Akan tetapi, bila Anda dapat memahami semua unsurnya dengan benar, maka investasi ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjamin aset di masa depan. Aamiin. Sukses selalu.

Post a Comment for "Investasi di Pasar Modal Adalah ? Menguntungkan ?"